KYIV, UKRAINE - FEBRUARY 25: A boy plays on a swing in front of a damaged residential block hit by an early morning missile strike on February 25, 2022 in Kyiv, Ukraine. Yesterday, Russia began a large-scale attack on Ukraine, with Russian troops invading the country from the north, east and south, accompanied by air strikes and shelling. The Ukrainian president said that at least 137 Ukrainian soldiers were killed by the end of the first day. (Photo by Chris McGrath/Getty Images)

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, meminta Indonesia mendukung Ukraina melawan Rusia. Posisi Ukraina saat ini disebutnya sama seperti posisi Indonesia tujuh dekade silam, yakni melawan penjajahan.

“Rakyat Indonesia, dukunglah kami. Merdeka atau mati!” kata Dubes Vasyl Hamianin dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (2/3/2022).

Kata diam apabila Ukraina bisa ditaklukkan Rusia, perdamaian yang terjaga oleh sistem keamanan global bakal runtuh. Padahal perdamaian itu sudah dipelihara sejak selesainya Perang Dunia II.

“Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami,” kata Vasyl Hamianin.

Buku Mimpi 2D

Ulas sejarah Majapatih sampai tipuan komunis

Vasyl Hamianin meminta dukungan Indonesia sembari mengulas sejarah heroisme masa lalu. Dia menyebut bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan gagah.

“Anda adalah ahli waris kerajaan-kerajaan besar Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya, yang berhasil melumpuhkan para penjajah Mongol yang kala itu tak terkalahkan,” kata dia.

Rakyat Indonesia masa kini disebutnya sebagai penerus perjuangan melawan penjajah. Indonesia dulu memang sempat dijajah oleh bangsa lain, termasuk Belanda dan Jepang. Ini mirip dengan Ukraina yang dijajah Rusia.

“Ukraina tidak bertekuk lutut terhadap ancaman kematian, sama seperti Indonesia tidak menyerah 70 tahun yang lalu. Kami akan berdiri tegak dan meraih kemenangan. Namun, dengan dukungan Anda, kemenangan dapat kami raih dengan lebih mudah, lebih pasti, dan lebih cepat,” tuturnya.

Buku Mimpi 2D

Indonesia juga punya sejarah antikomunisme, paham yang juga pernah berkuasa di Rusia, dahulu Uni Soviet. Vasyl Hamianin juga menyinggungnya, sekelumit.

“Anda adalah bangsa bijak yang mampu menepis rayuan tipuan komunis dan tak tunduk padanya,” kata dia, seraya menyebut Indonesia adalah pilar stabilitas Asia Tenggara.

Dia menyebut Rusia saat ini merupakan penerus rezim komunis. Saat ini Rusia sudah menyerang Ukraina dan menghancurkan rumah sakit, sekolah, hingga panti asuhan. Rakyat sipil menjadi korban. Roket-roket masih menghantam Ukraina. Pertumpahan darah dan kekejian masih terjadi.

“Anda tidak dapat diam diri menyaksikan Federasi Rusia, sang penerus rezim komunis, melakukan tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan hari lepas hari di kota-kota dan desa-desa Ukraina,” kata dia.

Baca juga: Pergerakan Pasukan Rusia Menuju Ibu Kota Ukraina Terhambat


1 Comment

Kontroversi Nivanto di Penjara: Sel Mewah, Ponsel, Kani Ribut dengan Nurhadi - Origami · March 3, 2022 at 5:24 am

[…] Baca juga: Ukraina Minta Dukungan RI: Anda Bangsa Bijak yang Tepis Rayuan Komunis! […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.