Luhut Sebut Masa Karantina PPLN Bisa Dihapus per 1 April 2022, Asal Situasi Pandemi Terus Membaik

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menso Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut masa karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Indonesia bisa dihapuskan per 1 April 2022 mendatang.

Namun dengan syarat kondisi pandemi Covid-19 di tanah air semakin membaik.

Hal itu diungkapkan Luhut dalam konferensi pers terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (14/2/2022).

Luhut mengungkapkan, saat ini pemerintah masih sangat berhati-hati dalam menerapkan kebijakan karantina bagi PPLN.

“Ketika beberapa negara di dunia sudah menerapkan bebas karantina untuk masuk negaranya, pemerintah akan tetap menerapkan kebijakan karantina 5 hari bagi PPLN,” ungkap Luhut, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Buku Mimpi 2D

Namun mulai minggu depan, lanjut Luhut, bagi PPLN baik WNA maupun WNI yang telah melakukan vaksinasi booster, lama karantina dapat berkurang menjadi 3 hari.

“Dengan syarat di antaranya tetap melakukan entry dan exit test PCR, exit PCR dilakukan di hati ketiga di pagi hari, dan PPLN bisa keluar setelah hasil negatif keluar,” ungkap Luhut.

Luhut mengungkapkan pengurangan masa karantina PPLN akan dilakukan dengan melihat kondisi perkembangan kasus Covid-19. Apabila situasi terus membaik, pemerintah berencana pada 1 Maret 2022 atau lebih awal, masa karantina akan diturunkan menjadi 3 hari untuk seluruh PPLN.

“Lalu jika situasi terus membaik dan vaksinasi terus meningkat, tidak menutup kemungkinan 1 April atau sebelum 1 April PPLN tidak akan lagi menerapkan karantina terpusat,” ungkap Luhut.

“Namun sekali lagi, ini bergantung pada situasi pandemi,” tegasnya.

Karantina PPLN Jadi 5 Hari

Sebelumnya, Luhut menyampaikan rencana pemerintah mengubah aturan masa karantina PPLN dari tujuh hari menjadi 5 hari.

“Kami mendapatkan data bahwa pengetatan pintu masuk berhasil menahan laju masuknya Omicron di Indonesia. Namun, perlu ada perubahan strategi seiring peningkatan kasus akibat transmisi lokal,” ungkap Luhut dalam keterangan pers Senin (31/1/2022), dikutip dari Kompas.com

“Untuk itu pemerintah mengubah aturan karantina dari tujuh hari menjadi lima hari. Dengan catatan bahwa WNI dan WNA yang masuk ke Indonesia wajib vaksin lengkap,” tegasnya.

Sementara bagi WNI yang baru menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, mereka tetap harus menjalani karantina selama tujuh hari.

Buku Mimpi 2D

Luhut juga menjelaskan tifa alasan mengapa perubahan kebijakan dilakukan.

  • Pertama, sebagian besar varian yang ditemukan pada PPLN adalah Omicron.
  • Kedua, berdasar kepada riset tentang masa inkubasi penularan varian tersebut.

“Dan berbagai riset telah menunjukkan bahwa inkubasi varian ini berada di sekitar tiga hari,” tutur Luhut.

  • Ketiga, pemerintah ingin menyeimbangkan sumber daya fasilitas kesehatan yang ada.

Menurut Luhut, Wisma Atlet yang saat ini digunakan untuk karantina akan disiapkan menjadi lokasi isolasi terpusat (isoter).

“Seiring dengan kebutuhan isoter yang dipresiksi meningkat untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 OTG atau bergejala ringan,” tambah Luhut.

Baca juga: Pencuri Motor Modus Debt Collector Dibekuk di Jakbar, Masih Ada yang Buron


1 Comment

Herry Wirawan Pemerkosa 13 Santri Divonis Penjara Seumur Hidup! - Origami · February 15, 2022 at 6:55 am

[…] Baca juga: Luhut Sebut Masa Karantina PPLN Bisa Dihapus per 1 April 2022, Asal Situasi Pandemi Terus Membaik […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.