Misteri Kecelakaan Anak Gubernur Kaltara Terpecahkan

Teka-teki kecelakaan mobil Toyota Camry B-1102-NDY di Jalan Raya Senen, Senen, Jakarta Pusat, akhirnya terpecahkan. Dua korban tewas berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang sempat menjadi misteri pun akhirnya terungkap.

Kedua korban tewas teridentifikasi bernama AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra. Jenazah keduanya teridentifikasi tidak lebih dari dua hari setelah kecelakaan terjadi pada Senin 7 Februari 2022 pukul 00.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menerangkan mobil sedan yang ditumpangi AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah atau Sis Zahra itu mulanya melintas dari arah Selatan menuju utara di Jalan Raya Pasar Senen. Setiba di seberang terminal bus Senen, sedan itu menabrak separator busway lalu terbakar.

“Kronologi singkat awal terjadinya kecelakaan lalin Toyota Camry berkalan dari arah Selatan ke Utara di Jalan Pasar Senen Raya. Senen, Jakpus, dan sesampainya di seberang terminal bus Senen menabrak separator busway dan terbakar,” kata Zulpan kepada wartawan, Rabu (9/2/2022).

Buku Mimpi 2D

Korban Tewas Laki-Laki adalah AKP Novandi Arya Kharisma

Untuk diketahui, kedua jenazah ditemukan dalam kondisi luka bakar 100 persen sehingga tidak dapat dikenali. Dari proses identifikasi, polisi memastikan jenazah laki-laki di mobil Camry yang terbakar itu adalah AKP Novandi Arya Kharisma, putra Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang.

Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setiobudi menjelaskan AKP Novandi Arya Kharisma teridentifikasi dari pengenalan gigi geliginya.

“Alhamdulillah jenazah pertama ini kami dapatkan data atau masukan yang bersangkutan adalah seorang yang kami punya data-data odontogramnya. Ada beberapa bagian yang menentukan atau yang menunjukkan bahwa 100% yang berdangkutan bisa dipastikan bernama Novandi Arya Kharizma, usia 31 tahun,” ujar Kombes Didiet di Jakarta, Selasa (8/2/2022).

AKP Novandi Arya Kharisma adalah anggota Polda Kalimantan Timur. AKP Novandi menjabat sebagai Kasat Polairud Polres Berau.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto mengatakan AKP Novandi Arya Kharisma ke Jakarta sejak Januari 2022. Novandi di Jakarta untuk mengikuti pendidikan Pusdik Polair hingga 10 Februari 2022.

“Januari 2022 betul sekolah di Pusdik Polair sampai 10 Februari nanti,” ukar Imam saat dihubungi, Rabu (9/2/2022).

Buku Mimpi 2D

Korban Tewas Perempuan Adalah Sis Zahra PSI

Korban tewas berjenis kelamin perempian teridentifikasi belakangan. Dari hasil identifikasi jenazah korban tersebut diketahui bernama Fatimah Az Zahra (31), yang juga kader PSI Banjarmasin.

“Jadi bisa dipastikan itu Fatimah, kader PSI,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan saat dihubungi, Rabu (9/2/2022).

Zulpan menjelaskan jenazah Sis Zahra PSI ini diketahui dari properti yang melekat pada tubuhnya, yakni cincin.

“Bahwa itu diketahui Fatimah dengan melihat (properti) yang didapat di situ, pertama ada cincin yang dikenali itu milik Fatimah,” ujar Zulpan.

Selain itu, jenazah Fatimah juga dikenali dari beberapa ciri fisiknya. Salah satunya ada bekas luka operasi.

“Kemudian ada luka bekas operasi. Dia pernah operasi, ya itu Fatimah. Itu sudah dipastikan Fatimah kader PSI,” ujarnya.

Buku Mimpi 2D

Camry Terbakar Dikemudikan Sis Zahra

Dari hasil olah TKP dan keterangan saksi serta visum jenazah, polisi memastikan mobil Camry B-1102-NDY dikemudikan oleh Sis Zahra. Mobil Camry itu juga adalah milik Sis Zahra.

“Sehingga dengan ketiga alat bukti tersebut, kami penyidik berkeyakinan bahwa pengemudi kendaraan tersebut adalah Saudari F yang berkelamin perempuan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (9/2/2022).

Sambodo mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi-sakti di lokasi kejadian, posisi korban laki-laki duduk di kursi depan bagian kiri. Sedangkan di kursi pengemudi adalah korban perempuan.

Berikutnya, dari hasil visum diketahui jenaah laki-laki mengalami patah kaki sebelah kiri. Dari pencocokan di lokasi , diketahui dasbor mobil terdorong ke dalam akibat bumper menabrak separator busway. Untuk diketahui, posisi dasbor mobil ada di bagian kiri.

Selanjutnya dari hasil olah TKP di lokasi kejadian juga semakin menguatkan bahwa Fatimah PSI adalah pengemudi Camry tersebut. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya barang-barang perempuan pada bagian kursi sebelah kanan.

“Hasil olah TKP pemeriksaan barang bukti di sedan Camry B-1102-NDY itu ditemukan barang-barang milik wanita antara lain: tas wanita, sepatu wanita, dan lipstik merah semuanya berada di sisi sebelah kanan depan, di sisi pengemudi. Sepatu di bawah dan sebagainya,” terang Sambodo.

Buku Mimpi 2D

Dugaan Penyebab Kecelakaan Camry

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang menewaskan anak Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra, kader PSI itu. Dugaan awal, kecelakaan terjadi karena pengemudi kurang berkonsentrasi.

“Diduga karena kurang hati-hati sehingga menabrak separator dan akibatnya timbul percikan api dan yang menyebabkan timbulnya kebakaran tersebut,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (9/2/2022).

Sambodo menyebutkan saksi di sekitar lokasi kecelakaan sempat mencoba menolong AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah. Namun, api yang membakar sedan Fatimah itu membuat saksi takut mendekat.

“Saksi mata menyebut warga berusaha menolong mengeluarkan korban dari mobil. Tapi kemudian ada percikan api, warga menjauh karena takut ada ledakan,” ucap Sambodo.

Buku Mimpi 2D

Profil AKP Arya Novandi Kharisma

Lalu, siapakah AKP Arya Novandi Kharisma ini? AKP Novandi Arya Kharisma adalah putra sulung Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Saat ini AKP Novandi Arya Kharisma menjabat Kasat Polairud Polres Berau, Polda Kalimantan Timur. Pria kelahiran 18 November 1991 ini merupakan alumni Akpol 2012.

Sebelum menjabat Kasat Polairud Polres Berau, AKP Novandi Arya Kharisma pernah menjabat Kanit Sisdik Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim pada 2019.

Pada 2016, AKP Novandi Arya Kharisma pernah menjabat Pejabat sementara Kasat Polair Polres Kutai Kartanegara, Polda Kaltim.

Selama menjadi anggota Polri, AKP Novandi Arya Kharisma bertugas di Polda Kaltim saja. Dari awal penempatan sebgai Pama Polda Kaltim pada 2013, AKP Novandi Arya Kharisma untuk pertama kalinya menduduki jabatan strategis sebagai Kanit Polresta Samarinda Polda Kaltim.

AKP Novandi Arya Kharisma meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Buku Mimpi 2D

Sosok Sis Zahra

Juru bicara PSI Sigit Widodo membenarkan bahwa kader partainya bernama Fatimah, atau yang akrab disapa Sis Zahra, merupakan korban tewas bersama putra Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, AKP Novandi Arya Kharisma, dalam mobil Camry B-1102-NDY. Fatimah merupakam kader PSI Banjarmasin yang baru pindah ke Jakarta.

“Kabar yang kami dapatkan dari DPD PSI Banjarmasin begitu (Fatimah korban tewas bersama AKP Novandi). Almarhumah kader aktif di kota Banjarmasin yang baru pindah ke Jakarta,” kata Sigit saat dimintai konfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (9/2/2022).

Sigit mengatakan tidak mengenal secara personal almarhumah dalam kegiatan-kegiatan PSI. Tapi, secara pribadi, saya tidak kenal,” ujarnya.

Baca Juga: Ditumpangi AKP Novandi, Sedan Terbakar di Senen Milik Fatimah


1 Comment

Bos Warteg Memperkosa Pegawai di Bekasi Ditangkap, Ini Pengakuannya - Origami · February 10, 2022 at 5:21 am

[…] Baca Juga: Misteri Kecelakaan Toyota Camry di Senen Terpecahkan […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.