Endus Permainan Mafia, KPPU Bakal Interogasi Pengusaha Minyak Goreng

Masalah minyak goreng mahal berbuntut ke penegak hukum Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Ketua KPPU Ukay Karyadi mengatakan pihaknya akan memanggil pengusaha minyak goreng untuk meminta keterangan atas dugaan kartel atau permainan mafia di balik tingginya harga.
“Perusahaan tersebut mulai besok dipanggil oleh KPPU terkait indikasi kartel. Kenapa indikasi kartel? Ada sinyal-sinyal kenaikan inputnya pada harga CPO-nya, menjadikan momentum pelaku usaha menaikkan harga produknya,” katanya dalam diskusi publik INDEF bertajuk Minyak Goreng Naik, Subsidi atau DMO-DPO, Kamis (3/2/2022).

Baca Buku Mimpi

Menurut data KPPU ada 74 perusahaan di industri minyak goreng yang tergabung di dua asosiasi. Jika dikerucutkan hanya ada sekitar 30 perusahaan dan ada 4 hingga 5 perusahaan yang menguasai pasar.

Ia meminta, agar pelaku usaha tidak menunda pemanggilan KPPU. Karena ini demi kebaikan perusahaan. “Mereka yang tidak merasa tidak bersalah mereka itu bisa mengatakan kami tidak terbukti melanggar persaingan usaha yang sehat,” jelasnya.

Pemanggilan ini merupakan lanjutan dari KPPU yang menaikkan status dugaan praktik kartel oleh industri minyak goreng ke penegak hukum.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU, Deswin Nur menyampaikan keputusan ini berkaitan dengan hasil penelitian KPPU soal minyak goreng pada Kamis 20 Januari.

“Berdasarkan berbagai temuan saat ini, Komisi memutuskan pada Rapat Komisi hari Rabu kemarin bahwa permasalahan minyak goreng dilanjutkan ke ranah penegakan hukum di KPPU,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/1/2022).

Dalam proses ini, pihak penegak hukum KPPU akan mendalami atau menginvestigasi bentuk perilaku yang berpotensi melanggar pasal-pasal tertentu di undang-undang persaingan usaha.

Baca Juga: Eks KSAD Jenderal (Purn) Tyasno Gabung, Total Penggugat UU IKN Jadi 65 Orang


1 Comment

3 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal UMP di Yogya, Berat Boooos! - Origami · February 4, 2022 at 2:44 am

[…] Baca Juga: Endus Permainan Mafia, KPPU Bakal Interogasi Pengusaha Minyak Goreng […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.