metaverse

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendukung pelaku ekonomi kreatif bidang seni rupa untuk menyasar pasar NFT. Pihaknya menggagas workshop NFT yang rencananya dimulai bulan Maret 2022.
Hal itu diungkapkan Sandi usai menghadiri Bimtek Seni Rupa SDM Ekonomi Kreatif di Hotel Golden City Semarang. Ia menjelaskan acara itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas produk dari pelaku ekonomi kreatif bidang seni rupa.

“Ini adalah program yang menurut data kita sangat diperlukan oleh para pelaku ekonomi kreatif khususnya di bidang seni rupa. Dari segi pelatihan dan pendampingan ini kita harapkan bisa meningkatkan kualitas produk mereka sehingga meningkatkan penghasilan dan omset lebih baik dan terbukalah lapangan kerja,” kata Sandi di lokasi Bimtek, Sabtu (22/1/2022).

Sandi juga menyinggung soal fenomena NFT khususnya akun OpenSea Ghozali Everyday yang meraup untung miliaran dari hasil menjual foto selfie yang diambil selama 5 tahun. Menurutnya hasil kesenian sangat berpotensi terjual di NFT marketplace.

Baca Arti Mimpi

“Ini karya-karya ini adalah bagian daripada bagian yang sangat berpotensi untuk diangkat di NFT marketplace. Karena sekarang ini dengan hadirnya NFT, Crypto dan beberapa varian daripada metaverse, produk seni rupa ini memiliki nilai yang luar biasa,” ujar Sandi.

“Oleh karena itu kita harus bantu digitalisasi pelaku seni rupa. Mereka menghasilkan produk luar biasa. Andaikan terjual seperi Ghozali Ghozalu ini luar biasa dampaknya,” imbuhnya.

Pemerintah pun mendukung digitalisasi pelaku seni rupa di bidang NFT. Maka direncanakan bulan Maret 2022 mendatang akan digelar workshop seputar NFT.

“Kami akan menggagas, karena ada 17 subsektor ekonomi kreatif dan NFT ini masuk sistem ekonomi digital. Kami sudah membahas dan beberapa workshop. Rencana bulan Maret akan kick off NFT series dari Kemenparekraf. Bagian kehadiran pemerintah memastikan bahwa perkembangan ekosistem ekonomi digital dipahami pelaku dan masyarakat pariwisata dan ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga: NFT Booming, Pakar UGM Soroti Kaum Gagap Literasi Pengejar Cuan


1 Comment

Manajer Pinjol Ilegal di PIK Jadi Tersangka UU Perdagangan! · January 27, 2022 at 8:42 am

[…] Baca Juga: NFT Series Kick Off, Menteri Sandi Dukung Seniman Sasar Metaverse […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.